Peran Orang Tua dalam Stimulasi Perkembangan Personal Sosial pada Anak Prasekolah di PAUD dan TK Muslimat NU Desa Sumedangan Kabupaten Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.52234/jstk.v5i1.312Abstract
Angka keterlambatan perkembangan personal sosial pada anak prasekolah masih tinggi di dunia, salah satunya di Indonesia. Perkembangan personal sosial pada anak prasekolah salah satunya dipengaruhi oleh peran orang tua. Anak prasekolah yang mengalami gangguan perkembangan personal sosial disebabkan karena anak tersebut tidak diberikan stimulasi untuk meningkatkan perkembangan personal sosialnya, sehingga anak menjadi pasif dan bergantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam stimulasi perkembangan personal sosial pada anak prasekolah di PAUD dan TK Muslimat NU Desa Sumedangan, Pamekasan. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini orang tua yang memiliki anak gangguan personal sosial di PAUD dan TK Muslimat NU Desa Sumedangan Pamekasan sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability-total sampling. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu peran orang tua dalam stimulasi perkembangan personal sosial anak prasekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2024. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner, selanjutnya dilakukan pengolahan data berupa editing, scoring, coding, tabulating, dan interpretating. Analisa data pada penelitian ini menggunakan deskriptif (prosentase). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua memiliki peran yang cukup dalam menstimulasi perkembangan personal sosial anak prasekolah di PAUD dan TK Muslimat NU Desa Sumedangan, Pamekasan. Kesimpulan: Orang tua harus memberikan stimulasi perkembangan personal sosial sejak dini yang dapat menunjang anak untuk mandiri, mampu bersosialisasi, dan berinteraksi yang baik dengan lingkungan sekitar, sehingga anak dapat memenuhi tugas perkembangan yang optimal.
Kata kunci: Anak Prasekolah, Peran Orang Tua, Personal Sosial, Stimulasi