Pengaruh Edukasi Hand Hygiene Terhadap Rutinitas Praktik Hand Hygiene Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Islamiyah Desa Krampon Torjun Kabupaten Sampang
DOI:
https://doi.org/10.52234/jstk.v5i2.331Abstract
Abstrak. Perilaku hidup bersih dan sehat adalah upaya menciptakan kondisi seseorang dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku, melalui komunikasi, informasi, dan edukasi, dengan tujuan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya melalui cuci tangan. Anak-anak cenderung menggunakan tangan untuk bermain, makan, dan membersihkan ingus sehingga praktik hand hygiene sangat penting untuk memutus rantai penularan penyakit. Praktik Cuci tangan dipengaruhi berbagai faktor seperti pengetahuan, sikap, motivasi, keyakinan, dan faktor lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi hand hygiene terhadap rutinitas praktik hand hygiene pada anak pra sekolah di TK Islamiyah Desa Krampon Torjun Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan desain Pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian 39 anak TK Islamiyah dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan mengikuti rutinitas praktik hand hygiene sebelum dan sesudah edukasi. Rutinitas praktik hand hygiene sebelum edukasi keseluruhan responden termasuk kategori kurang dan sesudah edukasi sebagian besar kategori cukup. Hasil uji analitik menunjukkan adanya pengaruh edukasi hand hygiene terhadap rutinitas praktik hand hygiene dengan p value 0,0001 (<0,05). Kemampuan anak dalam rutinitas praktik hand hygiene dipengaruhi oleh pengetahuan tentang cuci tangan, sehingga dengan bertambahnya pengetahuan yang diperoleh akan merubah perilaku anak. Metode demonstrasi maupun simulasi efektif dalam perubahan perilaku anak. Ada pengaruh pemberian edukasi hand hygiene terhadap rutinitas praktik hand hygiene. Diharapkan pendidik TK Islamiyah senantiasa memberikan edukasi hand hygiene.
Kata kunci: Edukasi, hand hygiene, Taman kanak-kanak, Rutinitas praktik hand hygiene