STRATEGI PERENCANAAN BISNIS PERIKANAN BERDASARKAN KONSEP EKONOMI BIRU
DOI:
https://doi.org/10.52234/tb.v11i2.323Keywords:
Potensi Bisnis, ikan, operasional bisnisAbstract
Penulisan business plan ini bertujuan untuk menggambarkan tahapan dalam perencanaan strategis yang akan diambil dari suatu bisnis yang akan dijalankan. Penerapan strategis tersebut mengacu pada prinsip-prinsip ekonomi biru, diantaranya yaitu keterlibatan masyarakat, efisiensi sumber daya, meminimalkan limbah, dan nilai tambah ganda. Tahapan dalam penyusunan business plan ini dimulai dari menganalisis faktor eksternal dan internal, penetapan strategi pemasaran, operasional bisnis, perencanan sumber daya manusia, analisis kelayakan bisnis serta mengidentifikasi adanya risiko dimasa depan. Metode penyusunan business plan ini menggunakan study literature dan observasi di lapangan. Analisis kelayakan bisnis menggunakan metode hitungan laba/rugi, R/C Ratio, payback period, return of investment dan break even point. Hasil analisis menunjukan bahwa, bisnis ini layak untuk dijalankan, berdasarkan hasil analisis laba/rugi selama 36 minggu yang diasumsikan selama 48 minggu dinyatakan untung karena TR > TC yaitu sebesar Rp. 18.808.750; analisis R/C Ratio dengan nilai > 1 yaitu 1.26; payback period menunjukan bahwa modal akan kembali setelah 6 bulan 11 hari; hasil analisis return of investment yaitu 1.88%; serta hasil break even point dalam kurun waktu 48 minggu niskala group harus mampu menjual ikan sebanyak 913 kg dengan harga jual sebesar Rp. 45.200,- serta menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 34.028.125,- untuk mencapai titik impas.